Program Sekolah Penggerak Akan Mendapat Lima Intervensi

oleh -524 views
Sebarkan:

https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/berita/https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/berita/
www.pgrirotendao.or.id-Mendikbud Nadiem Makarim menyampaikan bahwa setiap satuan pendidikan yang mengikuti Program Sekolah Penggerak akan mendapat lima intervensi yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan.
Mendikbud menjelaskan, pendampingan yang konsultatif dan asimetris dilakukan melalui unit pelaksana teknis (UPT) Kemendikbud yang ada di masing-masing provinsi, kabupaten/kota.
“Keterlibatan UPT akan sangat intensif dan asimetris, artinya tidak one size fit for all, tidak seragam jenis dukungan pada masing-masing daerah,” tutur Mendikbud.
“Ini penting sekali untuk diyakini bahwa hubungan pusat dan daerah harus diubah. Kita harus menjadi pendamping dan membantu mereka (pemerintah daerah) dalam melaksanakan transformasi pendidikan tersebut,” ujar Mendikbud.
Bagian lain intervensi yang juga ditekankan Mendikbud adalah penguatan SDM sekolah. Menurutnya, pelatihan terhadap kepala sekolah, pengawas, penilik, dan guru akan sangat berbeda dari pelatihan-pelatihan sebelumnya.
“Pelatihan akan terjadi saat guru sedang mengajar, pada saat melakukan aktivitas di sekolah. Pelatihan akan fokus kepada clinical training, yaitu dilakukan pada lingkungan yang sesungguhnya, di sekolah, dengan murid-murid,” jelasnya.
Mendikbud menambahkan, salah satu metode pendampingan akan dilakukan antara kepala sekolah dan guru-guru di sekolah penggerak yang satu ke sekolah lainnya.
Karena salah satu cara paling efektif untuk guru dan kepala sekolah melakukan perubahan adalah belajar dari guru dan kepala sekolah lainnya yang sudah melalui transformasi tersebut. “Di situlah akan menjadi ekosistem pelatihan dan pendampingan yang efektif,” kata Mendikbud.
Bagi kepala sekolah di daerah penyelenggara Program Sekolah Penggerak 2021, diharapkan untuk segera mendaftar sebelum 6 Maret 2021 di: http://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/pendaftaran…
Info lebih lanjut tentang Program Sekolah Penggerak dapat disimak di laman: sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak
@kemdikbud.ri


Sebarkan: