Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan II Undana Siap Mengajar di SD Negeri Oebafok

oleh -1.030 views
https://www.pgrirotendao.or.id
https://www.pgrirotendao.or.id
Sebarkan:

pgrirotendao.or.id- Sebanyak 6 orang mahasiswa yang telah lulus menjadi peserta Kampus Mengajar Angkatan II dari Universitas Nusa Cendana melapor diri ke Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Rote Ndao (4/8/2021) dan siap berkontribusi untuk pendidikan anak-anak Indonesia ksususnya di SD Negeri Oebafok Kecamatan Rote Barat Daya, dalam rangka membantu proses pembelajaran.

Program Kampus Mengajar merupakan terobosan Kemendikbud untuk memobilisasi potensi mahasiswa guna membantu proses pengajaran kepada anak-anak setingkat SD. Gagasan ini juga untuk memperbaiki mutu pendidikan Tanah Air yang selama pandemi Covid-19 ini turut terdampak. Sekolah yang disasar merupakan SD yang berada di sekitar tempat tinggal mahasiswa.

Kampus Mengajar adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di program kampus mengajar, mahasiswa akan ditempatkan di sekolah dasar di seluruh Indonesia dan membantu proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

https://www.pgrirotendao.or.id

Tujuan dari program ini juga adalah untuk membantu pembelajaran bagi siswa, khususnya di daerah tertinggal agar tidak terjadi “learning loss”. Masa pandemi ini banyak tantangan yang dihadapi terutama di daerah-daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T) yang sebagian besar dari mereka mengalami kesulitan melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Lewat Program ini agar para mahasiswa dapat memberikan yang terbaik bagi murid-murid di SD dan SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Rote Ndao, Yosep Pandie, S,Pd ketika menerima 6 orang mahasiswa peserta kampus mengajar diantaranya Alda R. Puaradja, Dewi S. Nggili, Ferawati Mone, Fredik Filly, Martha Y. Elodia dan Melinda F. Henukh di Kantor Dinas, menyampaikan apresiasi kepada para mahasiswa yang turut berkontribusi dalam program ini. “selamat bergabung, selamat mengabdi dan selamat menjalankan tugas. Ini adalah awal tugas dari seorang calon pendidik. Suka dan duka akan kalian temui ketika turun lapangan, jangan mundur, tetapi kalian harus tetap terus maju dan yakin bahwa kalian bisa” ujar Pandie.

Setelah mendapat arahan dari Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Rote Ndao, perwakilan dari mahasiswa kampus mengajar Alda R. Puaradja, menyampaikan terima kasih banyak kepada Bapak Kepala Dinas PKO yang telah menerima mereka dengan baik. “tujuan kami datang ke Dinas adalah untuk melapor diri agar bisa turun ke sekolah yang ditetapkan, dan kami telah diterima dengan baik. Kami juga butuh dukungan dari dinas dan pihak sekolah, sehingga kami bisa menjalankan program kampus mengajar yang telah diembankan dengan baik” pungkas Alda. (Ones Puling)

 


Sebarkan: