,

Di Tengah Kekurangan Sarana dan Prasarana, Simulasi ANBK SMPN Satap Batulai Berhasil Dijalankan

oleh -180 views
ttps://www.pgrirotendao.or.id/
ttps://www.pgrirotendao.or.id/
Sebarkan:

pgrirotendao.or.id– Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar Peserta Didik yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar yang dilakukan lewat ANBK di masing-masing sekolah, baik itu semi online maupun full online.

ttps://www.pgrirotendao.or.id/
ttps://www.pgrirotendao.or.id/

Untuk informasi-informasi tersebut bisa diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar, maka Peserta Didik harus mengambil bagian dalam kegiatan Simulasi ANBK.

SMP Negeri Satu Atap Batulai yang berada persis di sudut kota kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao (Teras NKRI) adalah termasuk salah satu sekolah yang Peserta Didiknya turut menggambil bagian dalam simulasi ANBK.

Simulasi ANBK yang dilakukan di SMP Negeri Satu Atap Batulai, di tengah kekurangan sarana dan prasarana, berlangsung sukses, senin pagi (30/08/2021), yang di ikuti 50 peserta siswa-siswinya dengan didampingi oleh tenaga proktor, tenaga OPS dan beberapa orang guru lainnya.

Simulasi ANBK ini dilakukan secara bergantian, guna memperlancar dan membiasakan siswa peserta ANBK di saat pelaksanaannya nanti, hal tersebut di katakana Paulus Nggadas, S.Pd, Kepala sekolah SMP Satap Batulai.

” Ini adalah pengalaman Pertama sekolah kami, melaksanakan simulasi ANBK berbasis komputer secara mandiri dengan full online, bahkan dengan banyaknya kekurangan komputer, hal tersebut tidak menjadi kendala, namun harus dengan keyakinan simulasi bisa sukses dengan kerja keras dan bantuan semua pihak. Puji Tuhan simulasi berjalan lancar, saat ini persiapan menuju ANBK pada bulan Oktober 2021 sudah kami persiapkan, walupun beberapa komputer masih kami pinjam dari beberapa sekolah tetangga. Sebelum kegiatan simulasi dilakukan, kami melakukan komunikasi lewat rapat dewan guru mengenai kekurangan komputer atau laptop yang akan dipakai siswa, akhirnya teratasi dengan adanya tambahan pinjaman laptop, dan partisipasi Bapa Ibu guru yang memiliki laptop” kata Nggadas.

https://www.pgrirotendao.or.id/
https://www.pgrirotendao.or.id/

Kornelis Foenale, S.Pd Proktor ANBK SMP Negeri Satu Atap Batulai juga mengatakan, “bukan hanya keterbatasan komputer atau laptop, tapi jaringan internet juga tidak mendukung proses ANBK, namun Proktor, teknisi dan Bapa Ibu guru mensiasati dengan berbagai jaringan lewat HP masing-masing untuk memperlancar kegiatan simulasi.

(Ones Puling)


Sebarkan: