PERAN AKTIF GURU DALAM UPAYA P4GN PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA DALAM MEWUJUDKAN KABUPATEN TANGGAP ANCAMAN NARKOBA

oleh -261 views
https://www.pgrirotendao.or.id/
Sebarkan:

PERAN AKTIF GURU DALAM UPAYA P4GN PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA DALAM MEWUJUDKAN KABUPATEN TANGGAP ANCAMAN NARKOBA

OLEH: ALBERD W. DANO, S. Pd

PENGANTAR

Pesatnya perkembangan jaman dan semakin kompleksnya tantangan dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia maka makin tinggi pula tuntutan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas unggul, sumber daya manusia yang berkualitas unggul tersebut diyakini mampu eksis dalam menghadapi kemajuan era global saat ini dan dimasa depan. Untuk mewujudkan kondisi tersebut, diperlukan langkah strategis, konsisten, berkelanjutan dan senantiasa dilakukan secara terus menerus dalam kehidupan nyata manusia. Dan peran lembaga pendidikan dalam hal ini guru mejadi salah satu solusi atau jawaban.

Pada sisi yang lain tantangan dalam mewujudkan sumber daya yang berkualitas adalah maraknya kasus narkoba, terutama dikalangan generasi muda, dan generasi muda yang dimaksud rata-rata masih dalam bangku pendidikan atau bisa dikatakan ada dalam lingkungan pendidikan. Jika seseorang sudah ketergantungan terhadap narkoba maka pasti menciptakan ketergantungan dan tentu akan berpengaruh negatif terhadap perilaku hidup dan lebih dari pada itu akan berpengaruh pada rendahnya kualitas sumber dayanya serta yang lebih buruk adalah menghancurkan masa depan generasi. Tentu kondisi ini tidak diinginkan oleh kita semua. Karena harapan kita adalah generasi muda kita akan menjadi generasi unggul dimasa depan yang akan membawa bangsa kita menjadi bangsa yang unggu pula.

PERAN STRATEGIS GURU

a. Peran Aktif Guru

Guru memiliki peran yang penting dalam mencegah bahaya narkoba. Sebab jika guru mampu mendeteksi dan mencegah penggunaan narkoba dikalangan siswa maka pasti generasi muda kita akan lebih baik. Hal ini sangat memungkinkan karena guru sebagai orang tua kedua disekolah pasti mengenal dekat dengan anak-anaknya. Selalu memberi perhatian serta melihat perkembangan anak

Selain daripada itu, seorang guru mempunyai tugas mendidik, mengajar, menilai, mengevaluasi dan melatih pada jalur pendidikan formal. Seorang guru harus mampu mengarahkan, membentuk karkater siswa yang baik dan menumbuhkan kecakapan yang baik serta ilmu pengetahuan yang baik.

Dengan demikian maka peran guru menjadi sangat strategis dan menjadi subordinasi yang tepat dalam upaya pencegahan penyalagunaan narkoba dikalangan anak-anak sekolah.

b. Tantangan

Bahwa guru berperan penting dan strategis dalam upaya pencegahan penyalgunaan narkoba namun demikian tidak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut juga tidaklah muda karena ada berbagai faktor yang ikut berpengaruh sebagai tantangan tersendiri bagi guru. Faktor-faktor tersebut diantaranya:

  • Guru mempunyai beban profesi yang cukup banyak dalam menjalankan tugas pokok ditambah dengan beban administrasi yang juga membarengi tugas pokok seorang guru
  • Materi tentang narkoba dan penyalahgunaan serta upaya pencegahan belum menjadi bagian dari kurikulum pendidikan nasional
  • Keterbatasan waktu bagi guru disekolah karena tuntutan kegiatan belajar mengajar sehingga waktu yang kurang cukup untuk dalam membangun interaksi bersama siswa
  • Latar belakang keluarga secara sosial ekonomi dari siswa
  • Pergaulan dan kondisi lingkungan keluarga dan masyarakat dari siswa
  • Secara geografis, Wilayah Rote Ndao yang sangat terbuka ditambah dengan tingkat mobilitas yang tinggi
  • Peningkatan teknologi melaui saran komunikasi yang serba canggih

PENUTUP

Dengan berkaca pada gambaran diatas maka dapat ditarik kesimpulan dan saran sebagai berikut:

a. Kesimpulan

  • Guru mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dilingkungan pendidikan
  • Materi penyalahgunaan, dampak dan pencegahan narkoba perlu dikemas dalam kurikulum pendidikan nasional
  • perlu kebijakan dan kerjasama semua komponen dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dikalangan siswa melalui kebijakan anggaran yang fleksibel.

b. Saran

  • Perlu perhatian lebih dari orang tua kepada anak selama dirumah baik cinta kasih dan pengawasan dalam pergaulan dan penggunanaan media komunikasi seperti HP dll.
  • Perlu pengawasan ketat terhadap arus mobilitas keluar masuk wilayah Rote Ndao
  • Guru perlu mendapat ruang yang cukup dalam membangun interaksi bersama siswa melalui kebijakan nasional
  • Sosialisasi secara terus menerus dan berkelanjutan dampak bahaya penyalahgunaan narkoba dilingkungan lembaga pendidikan melalui kegiatan keratif; lomba karikatur, debat dll.

Demikian persepsi yang dapat saya disampaikan pada momentum yang sangat mulia dan bermartabat ini. Terimakasih untuk kesempatan dan kebersamaan yang diberikan oleh pihak BNK Rote Ndao untuk berbagi dan berdiskusi dalam forum ini. Mohon maaf jika penyampain materi ini belum memenuhi ekspektasi dari panitia dan bapak/ibu sekalian. Sebab kata orang bijak. “tiada gading yang tak retak dan tiada bumi yang tak bercacing”

Saya akhiri dengan sebuah slogan;

BEBAS NARKOBA GENERASI SEHAT GENERASI UNGGUL BANGSA KUAT DAN MAJU


Sebarkan: