SMKN 1 Lobalain Melaksanakan Uji Kompetisi Bagi Peserta Didik Kelas XII

oleh -253 views
Sebarkan:

PGRIROTENDAO.OR.ID-Uji Kompetensi Keahlian SMKN 1 LOBALAIN TP. 2021/2022 dimulai hari Rabu 12 mei 2022.

Uji Kompetisi bagi peserta didik SMKN 1 Lobalain bagi kelas XII berjalan dengan baik.

Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian atau UKK ini didahului dengan acara pembukaan dan dibuka langsung oleh kepala SMKN 1 LOBALAIN dan dihadiri oleh para Wakasek, para KaKomli, Panitia, guru-guru jurusan dan perwakilan peserta didik kelas XII dari 7 kompetensi keahlian.

Betry F. Ndun,S.Pi selaku ketua panitia dalam laporanya mengatakan bahwa uji kompetensi keahlian ini merupakan penilaian yang diselenggerakan bagi siswa-siswi SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikannya sesuai bidang keahlian masing-masing.


Lanjut Betry bahwa pelaksanaan Uji Kompetisi mulai hari ini Rabu, 12 -14 Mei 2022, yang diikuti oleh 258 peserta didik dari 7 kompetensi keahlian dengan rincian sebagai berikut; 1. DPIB 37 orang, 2.TKR 34 orang, 3. TKJ 84 orang, 4. ATPH 39 orang, 5. NKPI 39 orang, 6. APHP 12 orang, 7. APAT 13 orang.

“Uji kompetensi keahlian kali ini digunakan dua metode yakni uji Kompetensi secara Mandiri dan uji Kompetensi melalui LSP- P3 Oleh lembaga sertifikasi ketrampilan. Penguji dalam ujian Kompetensi ini terdiri penguji internal dan eksternal. Untuk penguji internal berjumlh 14 orang, sedangkan penguji eksternal disesuaikan. Harapan dalam kegiatan uji kompetensi ini adalah dari 258 peserta didik yang mengikuti ujian kompetensi kali ini kiranya semuanya bisa dinyatakan lulus kalau dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan uji kompetensi sesuai ketentuan”, tandasnya.

Begitu pula dalam sambutan kepala SMKN 1 Lobalain Bapak Kristian Isach, S.Pd saat membuka kegiatan ujian, mengatakan bahwa uji kompetensi keahlian bertujuan untuk mengukur ketercapaian indikator proses pembelajaran yang diselenggarakan selama ini dari kelas X sampai kelas XII.

“Jadi sejauh mana kompetensi yang dimiliki peserta didik selama ini akan diukur mulai hari ini dalam dua bentu ujian yakni ujian secara tertulis dan praktek. Karena itu harapan bagi peserta didik adalah harus mengikuti dengan baik karena merupakan indikator penentu kelulusan bagi peserta didik kelas XII pada pengumuman kelulusan tanggal 2 juni 2022 mendantang”.

“Manfaat diselenggarakan uji kompetensi keahlian bagi sekolah adalah
1. Untuk mengukur ketercapaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru kepada siswa melalui proses interaksi yang bermanfaat bagi siswa itu sendiri
2. Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
3. Mendiagnosa keberhasilan peserta didik
4. Mengetahui efektivitas proses belajar mengajar
5. Sebagai amanah pencapaian kurikulum.

Diakhir sambutannya Isach menyampaikan beberapa pesan, yakni kepada panitia dan guru-guru bahwa kegiatan uji kompetensi merupakan proses evaluasi dan proses pembelajaran bagaimana menjadi pemimpin kelak serta bagaimana memenentaskan berbagai kegiatan proses yang terjadi di SMK/sebuah lembaga, Kepada peserta didik selamat mengikuti seluruh kegiatan uji Kompetensi ini sampai selesai semoga bermanfaat dan sukses selalu”. ***(ones puling)


Sebarkan: