, ,

SMKN 1 Lobalain: Kegiatan Workshop Penulisan Karya Ilmiah Guru dan Peserta Didik SMA, SMK, SLB

oleh -493 views
Sebarkan:

PGRIROTENDAO.OR.ID – Bupati Rote Ndao membuka Kegiatan Workshop Penulisan Karya Ilmiah guru dan Peserta Didik SMA, SMK, SLB

Acara pembukaan Workshop Penulisan Karya Ilmiah guru dan Peserta Didik SMA, SMK, SLB se.Kab Rote Ndao dilaksanakan di halaman SMK Negeri 1 Lobalain pada Rabu, 25 Mei 2022 dan kegiatan workshopnya dimulai tanggal 26 Mei dan akan berakhir pada 4 Juni 2022.

Suksesnya Kegiatan Workshop Penulisan Karya Ilmiah ini karena berkat kerja sama guru-guru SMA, SMK dan SLB yang tersebar di kabupaten Rote Ndao.

Pada acara pembukaan diawali dengan prosesi penyambutan Ibu Bupati Rote Ndao bersama rombongan yang disambut dengan Syair oleh tokoh adat dan tarian dari peserta didik SMKN 1 Lobalain dengan busana tenunan motif Rote Ndao.
Acara pembukaan Workshop Penulisan Karya Ilmiah guru dan Peserta Didik SMA, SMK, SLB se.Kab Rote Ndao dihadiri oleh Wakil Bupati Rote Ndao Bersama Ibu, Forkopimda Kab. Rote Ndao, OPD Kab Rote Ndao, anggota DPR Kab. Rote Ndao, Duta baca Indonesia, Tim MPC, Pengurus PGRI Kab. Rote Ndao, Camat Lobalain Bersama para Kepala Desa se kecamatan Lobalain, Para Kepala SMA, SMK, SLB se-Kab. Rote Ndao, Para Kepala SMP Se-Kecamatan Lobalain serta perwakilan dari peserta workshop.

Dalam acara pembukaan kegiatan workshop literasi ada persembahan puisi dari peserta didk dan persembahan lagu dari PS. Guru-guru SMKN 1 Lobalain dengan lagu “Mars Pendidikan dan lagu Bo Lele Bo”


Workshop Penulisan Karya Ilmiah guru dan Peserta Didik SMA, SMK, SLB se.Kab Rote Ndao dengan thema”Mengakarkan Literasi dan Memberdayakan Generasi”
Kegiatan workshop literasi sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam hal meningkatkan kompetensi guru dan pembentukan karakter peserta didik.

Kepala SMKN 1 Lobalain Bapak Kristian Isach, S.Pd sebagai ketua panitia dalam laporannya mengatakan “Gerakan literasi dimaksudkan untuk membangun kemampuan warga sekolah dalam mengakses, memahami dan menggunakan kemampuan secara cerdas dan komprehensif.

Tujuan kegiatan literasi adalah untuk menyebarluaskan budaya literasi tenaga pendidik, Kependidikan dan peserta didik, mewujudkan lingkungan literasi yang bergemar berkarya dalam bentuk apa pun”.
Selanjutnya untuk diketahui, kegiatan workshop literasi berlangsung dari tanggal 26 Mei samapi tanggal 4 Juni 2022 di Sembilan titik kegiatan yang melibatkan SMK, SMA dan SLB se-Kabupaten Rote Ndao dengan nara sumber dari media Pendidkan Cakrawala NTT.

Ucapan terima kasih dan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah prov NTT, media Pendidkan Cakrawala NTT, pemerintah kab Rote Ndao yg sudah berbuat dan mengembangkan kegiatan literasi sekolah, hal ini sangat relevan dengan promgram pemerintah tentang Gerakan literasi sekolah tandasnya” tandasnya.


Kegiatan workshop literasi di buka oleh Bupati Rote Ndao, dalam sambutannya mengatakan literasi ini sangat penting bagi kita semua, karena sesuai dengan thema yang ada “mengakarkan literasi dan memberdayakan generasi”. Tentu kegiatan literasi ini bukan hanya tugas pemerintah, atau guru-guru tetepi merupakan tugas orang tua dan masyarakat tetapi lebih ditentukan adalah tugas guru karena tugas orang tua adalah hanya mengingatkan peserta didik untuk belajar supaya bisa menulis dan membaca. Harapannya adalah guru harus lebih pro aktif karena yang punya atau memahami kurikulum adalah guru-guru.


Kegiatan Literasi yang diselenggerakan oleh media Pendidikan Cakrawal NTT yang telah menfasilitasi sehingga kigaiatan literasi ini akan terlaksana, kita harus memberi support kepada direktur Media Pendidikan Cakrawala NTT karena tanpa dukungan beliau mungkin kegiatan ini tidak dapat dilaksanakan tandasnya.


Lebih lanjut ibu Bupati Rote Ndao dalam sambutannya mengatakan “Kegiatan literasi mengingatkan akan tugas guru adalah harus membawa terang dalam dunia Pendidikan bukan membawa gelap bagi masa depan peserta didik.


Literasi ini sangat penting dan harapannya tentu program kegiatan akan kami lanjutka di tingkat kab Rote Ndao karena itu Kepada dinas PKO, dinas perpustakaan agar dirancang dan dipersiapkan dengan baik agar kegiatan ini bias dilakasanakn pada tahun depan”.

Dalam acara pembukaan Workshop Penulisan Karya Ilmiah guru dan Peserta Didik SMA, SMK, SLB se.Kab Rote Ndao telah di kukuhkan Ibu Lona Saek-Ngginak sebagai Bunda Literasi Kabupaten Rote Ndao.
Bunda Literasi dalam memberikan sekapur sirih mengatakan Bersama kita bergerak menagkarkan literasi di daerah ini, kita sama-sama bergerak dan bekerja sama mendorong kab Rote Ndao sebagai salah satu kabupaten literasi di wilatan terselatan NKRI.

Segera kita bergerak untuk mendampinggi para guru dan Peserta didik PAUD, TK,SD,dan tingkat SMP yg merupakan kewenangan pemerintah kab rote Ndao. Kami minta tim media Pendidikan cakrawala NTT untuk terus Bersama kami mengakarkan literasi di Kabupaten Rote Ndao
Terima kasi untuk mama bupati Rote Ndao, duta baca indonesia, media Pendidikan cakrawala NTT, Dinas Pendidikan provinsi NTT, dinas PKO kab Rote Ndao dan seluruh masyarakat Rote Ndao yang telah mengukuhkan saya sebagi Bunda literasi Kab Rote Ndao.
Setelah pengukuhan bunda literasi Kab. Rote, dilanjutkan dengan membunyikan gong literasi, pembakaran obor literasi dan penanda tanganan prasasti.

Menurut direktur Media Pendidikan Cakrawala NTT Bapak Gusty Rikarno bahwa “dengan dinyalahkannya obor literasi, api literasi ini akan menjalar dari tanggal 26 Mei sampai 4 Juni 2022 di tingkat SMA, SMK, SLB dan kami berharap menjalar ke tingkat PAUd, TK, SD dan SMP. Dengan penyalaan api literasi dan penandatanganan prasasti kita berkomitmen Bersama kita dorong Kab. Rote Ndao sebagai Kabupaten literasi.


Sementara Duta Baca Indonesia Bapak Gol A. Gong menyatakan bangga dan kagum bias hadir di kabupaten Roten Ndao, kabupaten terselatan NKRI. Saya bangga karena bias hadir di Rote Ndao dalam kegiatan workshop literasi, semoga kita bisa saling berbagi dan menimba manfaat dari kegiatan yang mulia ini..
Perlu diketahui bhw dalam acara pembukaan kegiatan Workshop literasi yang dilaksanakan di pelataran SMKN 1 Lobalain juga tesedia Stand dari tujuh Kompetensi Keahlian yang ada di SMK Negeri 1 lobalain setiap stand berisikan produk dan hasil karya peserta didik dari 7 kompetensi keahlian yakni:

Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ),

Teknik Kenderaan Ringan (TKR),

Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB),

Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP),

Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH),

Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT)

Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI).

Setelah selesai acara pembukaan kegitan workshop ibu Bupati Rote Ndao, Bapak Wakil Bupati Rote Ndao, Forkopimda Kab. Rote Ndao, Kepala OPD Kab Rote Ndao, Duta baca Indonesia, Tim MPC, Bunda Literasi Kab Rote Ndao, Pengurus PGRI Kab. Rote Ndao, Camat Lobalain Bersama para Kepala Desa se kecamatan Lobalain, Para Kepala SMA, SMK, SLB se-Kab. Rote Ndao, Para Kepala SMP se-Kecamatan Lobalain dan peserta Workshop mengunjungi masing-masing stand yang ada sesuai kompetensi keahlian.


Dengan membaca kita mengenal dunia, dengan menulis kita di kenal dunia,.
Salam Literasi.

(Humas SMKN 1 Lobalain)


Sebarkan: