UPACARA PEMBUKAAN MPLS SMKN 1 LOBALAIN TP. 2022/2023

oleh -151 views
Sebarkan:

PGRIROTENDAO.OR.ID/BAA-Upacara pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMK Negeri 1 Lobalain dilaksanakan di lapangan upacara SMK Negeri 1 Lobalain yang dihadiri oleh para Wakasek, Ketua-ketua Kompetensi Keahlian, Panitia, guru dan pegawai serta peserta didik baru, peserta didik kelas XI dan XII.

Selaku ketua panitia PPDB sekaligus ketua Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan nformasi Bangunan (DPIB) bapak Jefri Ndun, S.Pd dalam laporannya memberikan gambaran pelaksanaan PPDB SMK Negeri 1 Lobalain tahun 2022, mengatakan bahwa kebutuhan masyarakat indonesia semakin tinggi terhadap Pendidikan yang bermutu menunjukan bahwa pendidikan menjadi salah satu pranata kehidupan yang kuat dan berwibawa serta memiliki peranan yg sangat trategis bagi pembangunan peradaban bangsa Indonesia. pengalaman menunjukan bahwa pendidikan dapat memberi manfaat bagi bangsa Indonesia. Dengan Pendidikan akan terlahir masyarakat yang terpelajar dan berahklak mulia yang menjadi pilar utama dalam membangun masy sejahtera. Disisi lain pendidikann memberikan sumbangan nyata bagi pertumbuhan ekonomi melalui penyediaan tenaga kerja yg berkompeten dan menguasai teknologi dan mempunyai etos kerja yang tinngi.


SMK Negeri 1 lobalain menjadai salah satu wadah Pendidikan yang memeliki visi Menjadi Smk Pilihan Yang Menghasilkan Tamatan Yang Unggul, Disiplin Dan Berkepedulian Pada Sesama dan Lingkungan Serta Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Budaya dan sudah tentu memberikan kontribusi yang besar dimana mempersiapkan calon lulusan yang berkompeten sesuai bidang keahlian masing-masing, tandasnya
Lebih lanjut Jefri Ndun, S.Pd mengatakan Dasar pelaksanaan PPDB TP. 2022/2023 yang salah satunya mengacu pada peraturan Gubernur Nusa Tenggara Timur nomor 23 tahun 2022 tentang pedoman penerimana peserta didik baru pada jenjang SMA, SMK dan SLB dan Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA, SMK dan SLB tahun 2022.
Tujuan pelaksanaan PPDB: membuka Akses info dan komunikasi bagi masyarakat luas tentang SMK Negeri 1 Lobailan khusus tentang pendaftaran peserta didik baru tahun 2022, Menjaring calon peserta didik baru sesuai kuota yang tersedia pada setiap kompetensi keahlian di SMKN 1 Lobalain, Memberi layanan proses PPD secara cepat aman dan menyenangkan. Prinsip PPDB : menganut asas obyektif yaitu sesuai aturan yan berlaku, asas tramparan bersifat terbuka, dan asas akuntaibel. Waktu pelaksanaan PPDB: Pendaftaran Online gelombang I tanggal 28-30 juni 2022, Verikasi tanggal 28-30 juni 2022, Pengumunan tahap satu tanggal 7 juli 2022. Pendaftaran Gelombang II secara online dan ofline tanggal 6-7 juli 2022. Pengumuman gelombang dua tanggal 8 juli 2022.
Pelaksanaa kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMKN 1 Lobalain dilaksanakan selama satu minggu,terhitung mulai hari ini senin tanggal 18-23 Juli 2022. Bentuk kegiatan MPLS antara lain: materi sesuai pedoman PPDB, latihan PBB, pengenalan Jurusan.
Data peserta didik baru yg lolos verifikasi per kompetensi keahlian: TKJ: 108 orang (Kuota terpenuhi), DPIB: 55 (belum terpenuhi), TKR: 29 (belum terpenuhi), NKPI: 38 orang (belum terpenuhi), APAT: 25 orang (belum terpenuhi), ATPH: 18 orang (belum terpenuhi), APHP: 14 orang (belum terpenuhi) dengan Total 287 peserta didik baru SMK Negeri 1 Lobalain
Bagi kompetensi keahlian yang kuotanya belum terpenuhi masi membuka pendaftaran ofline sampai waktu yang nanti disampaikan oleh ops.


Pembukaan MPLS dibuka langsung oleh kepala SMK Negeri 1 Lobalain Bapak Kristian Isach, S.Pd dalam sambutannya mengatakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS merupakan kegiatan yang sangat penting bagi peserta didik baru untuk mengenal lingkungan sekolah barunya. Pengenalan lingkungan sekolah ini bisa memberikan kesan positif kepada para peserta didik baru untuk memulai proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan di jenjang pendidikan pada SMK Negeri 1 Lobalain. Dalam kegiatan MPLS ada penyampaian materi oleh bapak ibu guru dan panitia dan melibatkan Osis dalam kegiatan MPLS. Ucapan terima kasih disampaikan kepada orang tua yang mempercayakan kepada Bapak Ibu guru SMK Negeri 1 Lobalain untuk mendidik anak-anaknya, kepada panitia yang sudah bekerja secara maksimal sehingga terlaksananya PPDB dan kegiatan MPLS tahun 2022.*****(Humas SMKN 1 Lobalain)


Sebarkan: