Sebanyak 283 Peserta PKL SMKN 1 Lobalain Mengikuti Pembekalan

oleh -259 views
Sebarkan:

Rote Ndao-Untuk memberikan bekal moril dan materil kepada peserta didik Praktek Kerja Lapangan (PKL), SMK Negeri 1 Lobalain melaksanakan kegiatan pembekalan bagi 283 peserta didik kelas XII yang akan mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL). Pelaksanaan Pembekalan bagi Peserta didik PKL dilaksanakan dipelataran SMK Negeri 1 Lobalain selama dua hari, yakni mulai hari ini, Rabu, 27 Juli sampai kamis 28 Juli 2022.

Selaku ketua Panitia PKL tahun 2022, bapak Leny Rupidara, A.Md mengatakan bahwa sebelum peserta didik mengikuti PKL, maka perlu memperoleh materi pembekalan. Materi pembekalan terdiri dari materi umum dan materi dari kompetensi keahlian. Materi pembekalan hari pertama berupa materi umum yang disampaikan oleh bapak kepala sekolah, Para Wakasek dan panitia, sedangkan materi kedua disampaikan oleh ketua-ketua Kompetensi keahlian Bersama tim yand ada di masing-masing kompetensi keahlian. Adapun tempat PKL tahun 2022 yakni di Rote, Kupang dan Jawa Tengah (Pati).

Ibu Agus Hartatik, M.Pd selaku Waka Kurikulum dalam memyampaikan materi mengatakan bahwa PKL sudah diatur dalam kurikulum 2013 maupun kurikulum merdeka, yang mana pelaksanaannya selama 6 bulan, yakni satu bulan di kelas X, dua bulan di kelas XI dan tiga bulan di kelas XII. PKL dapat terlaksana dengan baik jika peserta didik yang mengikuti PKL memiliki karakter yang baik, disiplin, rajin, ulet dan kerja keras, karena menjadi orang sukses bukan karena pintar tetapi hasil dari kerja keras dan disiplin.

Sementara bapak Yusuf Resi, S.Pd selaku wakasek Kesiswaan menyampaikan materi tentatang tata tertib PKL. Setiap peserta didik harus mengikuti tata tertib yang berlaku baik disekolah maupun di tempat praktek. Ketika anak anak di terjunkan ke DU/DI ini saatnya memantapkan ilmu,dan meningkatkan kompetensi, karena sebagai objeknya adalah dunia usaha dunia industry.

Sementara Wakasek Humas bapak Yosafat Sinlae, S.Pd dalam memyampaikan materi mengatakan bahwa kegiatan PKL adalah program Humas yang pelaksanaannya sudah diatur dalam undang-undang, yakni dalam permendikbud nomor 50 tahun 2020 dan keputusan mendikbud Riset dan Teknologi nomor 56 tahun 2022 tentang penerapan kurikulum merdeka yang didalamnya mengatur tentangĀ  Pelaksanaan PKL. Dalam kegiatan PKL ini peserta didik diterjunkan pada dunia usah-dunia industry yang menjadi mitra SMKN 1 Lobain.

Sementar bapak kepala SMKN 1 Lobalain bapak Kristian Isach, S.Pd dalam penyampaiannya mengatakan bahwa ketika anak-anak pergi ke tempat PKL itu adalah tempat dimana anda bekerja itu merupakan dunia kerja, karena itu ikuti semua aturan yang berlaku ditempat dimana anda melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL). Harapannya bagi peserta didik agar mengikuti seluruh proses PKL dengan baik, jaga nama baik, keluarga, jaga nama sekolah, nama rote Ndao. Sukses selalu Tuhan Yesus Memberkati**********(Humas SMKN 1 Lobalain)

 


Sebarkan: